Selasa, 03 November 2009

HURUF JEPANG

Huruf-huruf Jepang
Oleh : Fifi Pitasari (XI IA 1 SBI)




Pada zaman dahulu Jepang tidak mempunyai huruf sendiri, oleh karena itu huruf-huruf yang dipakai dipinjam dari negara tetangganya, yaitu Cina. Sebelum aksara kanji dikenal orang Jepang, bahasa Jepang berkembang tanpa bentuk tertulis. Pada awalnya, dokumen bahasa Jepang ditulis dalam bahasa China, dan dilafalkan menurut cara membaca bahasa China.
Hiragana (ひらがな、平仮名) adalah suatu cara penulisan bahasa Jepang dan mewakili sebutan sukukata. Pada masa silam, ia juga dikenali sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena biasa digunakan oleh kaum wanita.Hiragana mula digunakan secara luas pada abad ke-10 Masehi.
Katakana digunakan oleh para pendeta Budha di dalam membaca buku suci Budha (sutra), biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa jepang.
Aksara kanji dipakai untuk melambangkan konsep atau ide (kata benda, akar kata kerja, akar kata sifat, dan kata keterangan).

3 komentar:

angel mengatakan...

ooooooooooooo., jadi gitu sejarahnya ya?kalo belajar itu, kira-kira susah ngk ya////

Fifi Pitasari mengatakan...

Mmm... aku dah pernah bljr bahasa jepang, n ternyata buat mengingat hurufnya gak susah2 amat kok.... apalagi yg huruf Hiraganany... N pastinya yg paling susah ntu y bljr huruf kanji... Karena, gak semua orang jepang yg bisa huruf itu,... dan mrk juga masih mempelajarinya di sekolah...

Aditya JK mengatakan...

wow! rumitnya...

Posting Komentar