Kamis, 12 November 2009

DISHDASHA

DISHDASHA

PAKAIAN ARAB

OLEH

SARI WIDYASTUTI

XI IA 1




Dishdasha adalah pakaian traditionalnya orang arab. Pakaian dari tiap negara Arab punya perbedaan masing-masing. Namun katanya, Bangsa Kuwaitlah yang cukup memperhatikan detail aturan berpakaian Dishdasha

Kalau diperhatikan secara seksama, bagian kepala terdapat kain dan ikatan berwarna hitam. Nah, dibagian depan persis di tengah-tengah (di atas hidung) biasanya ada kain yang menyembul keluar. Nah, bagian inilah yang sering jadi pusat perhatian orang-orang Kuwait. Kain yang menyembul keluar harus benar-benar sempurna keluarnya. Tapi kalau di Arab Saudi, kayaknya biasa aja mereka tidak terlalu perfect memperhatikan hal-hal yang begini.
Nilai lebih dishdasha adalah gengsi. Orang-orang yang berdishdasha biasanya lebih diakui di lingkungan sekitar. Diakui dalam arti, dia orang Arab.

Walaupun dari tampang sudah kelihatan kalau mereka Arab. Juga biasanya dalam acara resmi, Dishdasha harus melekat. Jika tidak, maka nilai kehormatannya sedikit berkurang.

5 komentar:

Fifi Pitasari mengatakan...

Selain kuwait dan Arab, apakah ada negara lain yang mengenakan DISHDASHA ini???

Arbi Wijaya mengatakan...

Masih ada beberapa negara yang memakai Dishdasha terutama pada acara kenegaraan seperti di UEA (UNI EMIRAT ARAB), dan negara-negara timur tengah (Asia barat dan Afrika utara)

Azure mengatakan...

dari negara manakah awalnya Dishdasha lahir?

Arbi Wijaya mengatakan...

Dishdasha lahir bukan pada suatu negara dulunya, tetapi lebih pada banyak negara di jazirah arab dengan model pemakaian yang berbeda-beda,hanya Kuwait yang sangat memperhatikan cara pemakaian Disdasha yang tepat...........(XI IPA 3)

Coxau mengatakan...

saya pikir tidak begitu..
hampir 70% negara-negara jazirah arab masih menggunakannya, berikut negara-negara tersebut : Qatar, Yaman, Irak, Iran, Oman, dll. jadi jazirah arab masih bertahan dengan tradisi ini,,

salam,

aulia (XI IPA 4)

Posting Komentar